Cara Mengganti Speaker Laptop / Netbook

Speaker Rusak
Berikut adalah bagaimana cara menangani laptop/netbook yang bermasalah pada speaker yang tidak mengeluarkan suara, kali ini saya mendapati kasus pada netbook acer, tidak ada suara yang terdengar dari awal saat start up, saya sudah coba mengecek sistemnya (pengaturan dan driver), sistem ternyata tidak bermasalah, maka saya simpulkan bahwa speaker netbook ini rusak, saya akan coba menggantinya dengan speaker baru, apakah hal ini berhasil atau tidak, silakan ikuti tutorial saya tentang bagaimana cara mengganti speaker pada laptop atau netbook.

Melepas Keyboard.
Hal pertama yang saya lakukan adalah mulai melepasn bagian- bagian  netbook ini, saya melepaskan baterai netbook kemudian saya melepas keyboard netbook ini, berikut bagaimana cara melepas keyboard, baca ini "Cara Melepas Keyboard Netbook Acer".

Melepas Baut 
Kemudian saya melepas baut yang terdapat dibagian bawah keyboard.



Setelah melepas baut pada bagian atas, dan membuka caching pada bagian atas, saya mengecek posisi speaker pada netbook ini, speaker berada pada bagian ini, lihat gambar diatas. terlihat 2 speaker terhubung pada satu connector pada mainboard, kemudian lepaskan speaker.



Lepaskan baut (sekrup) pada bagian speaker, kemudian lepaskan connector speaker pada bagian mainboard, lihat gambar diatas.

Speaker yang Rusak

Speaker yang Baru
Kemudian saya menyiapkan speaker yang sesuai untuk type netbook ini untuk mengganti speaker yang rusak.

Memesang Connector
Kemudian pasang speaker yang baru seperti kondisi sebelumnya dan hubungkan kabel connector speaker pada mainboard seperti pada gambar.
Setelah itu saya memasang kembali bagian-bagian netbook yang telah dilepas.

Speaker Berfungsi

Setelah itu saya tes menghidupkan netbook ini, dan mengetes apakah speaker berfungsi dengan baik, saya test dengan memutar music, ternyata normal seperti semula.

Nah, sekian tutorial bagaimana cara mengganti speaker yang rusak pada laptop/netbook.
Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara ganti pasta processor pada netbook acer seri ES1-131 / E3-111

Kursor laptop hilang pada saat dan setelah install ulang

Cara memperbaiki konektor touchpad yang rusak pada motherboard laptop