Hardisk Tidak Terdeteksi di BIOS Setelah Upgrade Hardisk

Upgrade Hard Disk

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menangani laptop dengan masalah saat upgrade hardisk tetapi harddisk tidak terdeteksi oleh BIOS laptop artinya harddisk tidak muncul di BIOS.
Untuk masalah seperti ini ada beberapa k
emungkinan penyebabnya, yaitu :
  1. Hard disk tidak terhubung dengan benar.
  2. Hard disk tidak didukung.
  3. Hard disk yang rusak (Bad Sector).


Nah untuk penangananya sebagai berikut :

  1. Pastikan hard disk terhubung dengan benar ke motherboard . Coba hubungkan kembali hard disk kemudian cek apakah harddisk muncul di BIOS setelah menghubungkan kembali.
  2. Masuk ke menu setup BIOS dan pengaturan default. Atur ke Default dan restart laptop anda. Ada kemungkinan bahwa harddisk baru Anda akan terdeteksi setelah itu.
  3. Jika Anda memasang hard disk yang lebih besar, pastikan itu didukung oleh laptop. Beberapa laptop tua tidak akan mendukung hard disk besar. Dalam beberapa kasus, hard disk yang lebih besar akan didukung setelah Anda meng-upgrade BIOS laptop ke versi terbaru . Upgrade BIOS anda jika diperlukan, tapi hati-hati, soalnya resiko adalah mati total, nanti lain kali saya akan posting tentang bagaimana cara Update BIOS Laptop.
  4. Cobalah pasang kembali hard disk lama . Jika hard disk lama terdeteksi tapi yang baru tidak, ada kemungkinan bahwa harddisk baru Anda rusak.

    Demikian artikel yang singkat ini, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara ganti pasta processor pada netbook acer seri ES1-131 / E3-111

Kursor laptop hilang pada saat dan setelah install ulang

Cara memperbaiki konektor touchpad yang rusak pada motherboard laptop