Cara Memperbaiki Baterai Laptop 0% Available (Plugged In Charging )

         Berikut ini saya akan berbagi tips dan trik Cara Memperbaiki Kasus Baterai 0% Available (Plugged In Charging ) atau trik tentang bagaimana cara memperbaiki kasus baterai laptop atau netbook yang kondisinya tertera 0 % available (Plugged In charging) walaupun telah di isi ulang dalam jangka waktu 1-3 jam tetap saja persen baterai tidak bertambah, dan saat charger di lepas laptop langsung mati. Hal ini sangat umum terjadi pada laptop dan netbook saat usia pemakaian diatas 1 tahun, mengapa hal ini bisa terjadi ? 


0 % Available (Plugged In Chargiing)

Terdapat banyak faktor penyebab baterai laptop mengalami hal ini.

Pertama : 
Cara penggunaan anda yang salah, biasanya hal ini terjadi karena anda menggunakan laptop sampai baterai nya benar benar habis (0%). Cara seperti ini tidak disarankan yah, jadi silakan gunakan laptop anda sampai muncul pesan peringatan dari baterai biasanya pada saat kondisi baterai berada pada 5 - 7 % sesuai dengan settingan pada laptop anda akan muncul peringatan untuk memulai proses pengisian lagi, nah barulah anda boleh melakukan proses pengisian, jadi peringatan itu ada fungsinya, tolong jangan diabaikan. Pada saat melakukan proses charging usahakan dilakukan sampai konsisi full 100%, jangan biasakan untuk menghentikan pengisian saat kondisi belum penuh yah, Ingat cell baterai laptop itu adalah smart material (Material pintar) jadi baterai bisa awet jika anda menggunakannya dengan benar terutama saat proses pengisian (charging process).


Kedua :
Baterai terlalu lama dibiarkan saat kondisi dayanya terkuras habis (0%) atau dengan kata lain saat baterai laptop anda lowbet bukan malah melakukan proses pengisian,anda malah menyimpan nya saja karena mungkin sudah tidak digunakan untuk sementara waktu, dan nanti ketika hendak digunakan lagi baru anda bergegas untuk melakukan proses charging, nah disinilah kadang timbul kasus seperti ini yah.

Ketiga : 
Faktor dari cell baterai yang memang sudah tidak memungkinkan lagi untuk melakukan proses charging (karna faktor pertama dan kedua tadi). Pada kasus ini baterai sebaiknya diganti dengan yang baru saja tapi lakukan setelah melakukan proses perbaikan secara software terlebih dahulu yang akan saya jelaskan setelah ini. 

Bagaimana cara untuk mencoba memperbaikinya ???

Saya coba untuk mempraktekkan nya pada netbook asus type X200CA silakan disimak :

Pasang charger, kemudian nyalakan laptop anda, setelah itu klik menu START, klik kanan COMPUTER pilih PROPERTIES


Properties Computer
Setelah itu pilih tab DEVICE MANAGER kemudian pilih tab BATTERIES

Device Manager



Kemudian akan ada 3 pilihan pada menu BATTERIES 

  • Microsoft AC Adapter
  • Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery
  • Microsoft Composite Battery 

Nah disini kita hanya perlu uninstall 2 pilihan 

  • Microsoft AC Adapter
  • Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery
Klik kanan dan Uninstall kemudian OK


Uninstall Microsoft AC Adapter


Uninstall Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery

Setelah itu nyalakan kembali laptop anda dan tunggu beberapa saat :

Hasil percobaan charging selama 10 menit

Tapi kalau ingin lebih baik setelah shotdown laptop anda jangan hidupkan, diamkan saja selama 2-4 jam dengan kondisi charger terpasang agar lebih maksimal.

Proses Charging selama 2-4 Jam


Proses ini berhasil pada contoh kasus pada netbook asus x200ca dan dari 10 kasus pada laptop dan netbook biasaya 6 kasus terselesaikan dengan cara ini.

Silakan simak video tutorial nya yah, jangan malas untuk subscribe kami agar selalu semangat berbagi untuk anda, terimakasih yah.

Oh iya saya informasikan biar anda gak banyak bingung bingung lagi, nah cara ini berlaku untuk semua jenis laptop dan netbook type apapun, tapi cara ini tidak sepenuhnya berhasil yah 10:3 lah,
tergantung kondisi baterai laptop anda, cara ini saya hanya lakukan untuk proses pengecekan baterai saja sebelum mengganti dengan yang baru.
CATATAN : Jika sudah melakukan proses penggantian baterai yang baru namun masalah belum dapat teratasi, ada dua kemungkinan, yang pertama bisa jadi baterai baru yang anda beli mungkin juga konsisinya sudah rusak, yang kedua ada masalah pada mainboard laptop anda, tepatnya pada bagian sirkuit charging.... TERIMAKASIH



Baca Juga Artikel ini sebagai bahan pengetahuan untuk anda :



Terima Kasih semoga artikel Cara Memperbaiki Kasus Baterai 0% Available (Plugged In Charging) bermanfaat bagi para pembaca. 

Comments

Popular posts from this blog

Cara ganti pasta processor pada netbook acer seri ES1-131 / E3-111

Kursor laptop hilang pada saat dan setelah install ulang

Cara memperbaiki konektor touchpad yang rusak pada motherboard laptop